Workshop Pembahasan Penggunaan Mobile Positioning Data untuk Statistik Resmi - Berita - Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Workshop Pembahasan Penggunaan Mobile Positioning Data untuk Statistik Resmi

Workshop Pembahasan Penggunaan Mobile Positioning Data untuk Statistik Resmi

13 Agustus 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Perkembangan teknologi Big Data yang pesat membuka peluang untuk memodernisasi proses bisnis dalam aktivitas statistik, termasuk penggunaan Mobile Positioning Data (MPD) untuk statistik resmi. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Politeknik Statistika (Polstat) STIS, Erni Tri Astuti ketika membuka "Workshop On MPD Processing and Analitycs for Official Statististics" di Shangri-La Hotel Jakarta, Senin (29/7).


Data MPD dapat dihasilkan oleh operator jaringan seluler melalui pelacakan lokasi ponsel. Workshop MPD ini mendapatkan dukungan dari Telkomsel dan ESCAP. Regional Hub on Big Data and Data Science for Asia and the Pacific menjadi penyelenggara workshop, sementara Polstat STIS sebagai sekretariat penyelenggara.


MPD terdiri dari data lokasi yang secara otomatis disimpan oleh sistem operator seluler setiap kali ponsel berinteraksi dengan jaringan seluler, seperti saat melakukan panggilan, mengirim atau menerima pesan, dan mengakses internet. Kebiasaan orang yang cenderung selalu membawa ponsel dapat digunakan untuk mempelajari pergerakan populasi dengan lebih akurat.


Hadir dalam workshop ini Rikke Munk Hansen, Chief, Economic and Environment Statistics Section ESCAP; Prof. Setia Pramana, Wakil Direktur Polstat STIS (yang kali ini mewakili Regional Hub); Alfian Manullang, Vice President Data Solutions and Digital Financial Services Telkomsel; serta beberapa perwakilan dari kantor statistik nasional, di antaranya dari Kazakhstan, Kamboja, Timor Leste, Bangladesh, Malaysia, dan Indonesia.


Melalui workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran tentang cara-cara mendapatkan akses ke MPD dan membahas peluang pemanfaatan MPD di berbagai negara.


#CintaData

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia)Jl. Dr. Sutomo 6-8

Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : [email protected]

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik