Jakarta – Pandemi Covid-19 membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Namun hal itu tidak menyurutkan BPS untuk tetap menghasilkan data berkualitas sekaligus meningkatkan layanannya kepada publik.
Bertempat di gedung 1 lantai 10 (02/12), BPS kembali menggulirkan salah satu inovasinya. Optimalisasi teknologi informasi, perubahan tampilan ruangan yang fresh dan menarik, maupun peningkatan fitur layanan dihadirkan pada unit Pelayanan Statistik Terpadu (PST).
“Wajah baru PST BPS ini berhasil diwujudkan atas peran serta dari seluruh pihak. Peran serta dari masyarakat, Kementerian PAN-RB, Ombudsman, Komisi Informasi Pusat, serta berbagai pihak yang memantau serta mengevaluasi penyelenggaran pelayanan publik di BPS,” ujar Suhariyanto yang hadir secara daring saat melakukan peresmian.
Suhariyanto lebih lanjut mengatakan peningkatan layanan PST BPS saat ini sangat terasa. Layanan offline di gedung 2 lantai 1 dan layanan online melalui pst.bps.go.id sudah sangat modern dan mudah diakses. Inovasi-inovasi yang dilakukan tersebut bahkan sudah diapresiasi oleh Ombudsman dan Kementerian PAN-RB.
Pada sesi webinar, dihadirkan tiga narasumber: Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS, Imam Machdi, Deputi Bidang Pelayanan Publik, Diah Natalisa, dan Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat RI, Hendra J Kede.